Rio Prayogo Ajak Siswa SMASA Situbondo Terapkan Demokrasi di Sekolah

Direktur Politika Research & Consulting, Rio Prayogo diundang dalam kegiatan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 1 Situbondo, Kamis (4/82022). Rio merupakan satu dari tiga pembbicara dalam keggiatan tersebut. Dua pembicara lainnya dalam kegiatan tersebut adalah Nur Khoiron Anani, S.Pd selaku wakasek kesiswaan SMASA, dan H. Agus Tjahjono Basoeki, S.H, M.Hum yang menjabat sebagai komisioner divisi penyelenggaraan pemilu KPU Kabupaten Situbondo periode 2016-2019.

 

Dalam kegiatan tersebut Rio menyampaikan pentingnya siswa memahami dan mengaktualisasikan demokrasi, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat secara umum. Bagi Rio, demokrasi memungkin setiap individu siswa dapat mengekspresikan segala bentuk tindakan dan bertaggungjawab untuk peningkatan kualitas demokrasi di sekolah dan peningkatan kapasitas intelektual secara individu.

“Siswa harus berani menyampaikan pendapatnya dengan lantang dan bertanggungjawab. Kalian tentu wajib menjadi penentu proses demokasi di sekolah. Misalnya, pemilihan Ketua OSIS, maupun kegiatan belajar mengajar di kelas”, ujarnya.

Rio juga mengajak dan mendorong siswa untuk aktif dalam kegiatan organisasi di sekolah. Rio yakin, jika ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan organisasi di sekolah, siswa akan lebih siap menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan. Dengan begitu, siswa juga akan lebih siap untuk ikut serta berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.

“Bergabunglah ke organisasi-organisasi yang ada di sekolah. Itu akan membuat kalian terbiasa dengan perbedaan, mau bekerjasama dan menghormati perbedaan. Dengan begitu, kalian akan lebih siap di dunia kerja kelak” tegasnya. Rio juga tidak lupa berpesan agar siswa SMASA Situbondo agar tetap percaya diri dalam mengejar prestasi. Karena kualitas demokrasi di lingkungan sekolah dan kepercayaan diri siswa adalah penunjang utama bagi terwujudnya SMASA SSitubondo yang BERKIBAR. (HN/2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *