Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, HCM Tegaskan Pentingnya Nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Harianmedia.com, Lumajang – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Fraksi NasDem, H. Charles Meikyansah, S.Sos., M.I.Kom. melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Klapan Galaxy, Minggu (10/06/2022). Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat. Salain itu tentu untuk melakukan upaya prefentif dalam mencegah tumbuhnya ideologi radikalisme dan sikap-sikap intoleransi yang memicu perpecahan bangsa.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh sekitar 150 peserta yang berasal dari seluruh wilayah kabupaten Lumajang. Seluruh peserta dengan antusias dan khitmat mendengarkan seluruh materi yang disampaikan. Hal tersebut menjadi sinyal yang positif untuk penerapan Empat Pilar Kebangsaan di dalam kehidupan masyarakat.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dipandang perlu untuk dapat memastikan bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara tetap terjalin dengan harmonis. Selain itu, terbukanya arus informasi sebagai dampak modernitas dan globalisasi tentu akan dengan sangat mudah membawa ideologi dari luar yang berpotensi mengikis ideologi bangsa. Sehingga MPR RI sebagai lembaga negara yang mempunyai tugas untuk melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan mempunyai kewajiban memastikan masyarakat telah terbekali oleh ideologi kebangsaan.

HCM, sapaan akrab Haji Charles Meikyansah menuturkan betapa pentingnya pemahaman masyarakat terhadap nilai yang terkandung di dalam Empat Pilar Kebangsaan untuk tetap menjaga keutuhan bangsa dan negara. “Masyarakat sebagai pilar terpenting dalam proses pembangunan negara tentu harus dibekali dengan nilai-nilai kengsaan, khususnya nilai dari Empat Pilar kebangsaan. Agar terhindar dari ideologi radikalisme dan perilaku yang memicu perpecahan” uangkapnya.

Dalam paparannya HCM menekankan tentang pentingnya menghayati secara serius dan menerapkan Empat Pilar Kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat. “Pemahaman tentang nilai-nilai luhur yang terkadung di dalam Empat Pilar kebangsaan harus terus ditingkatkan. Selain itu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari hukumnya fardhu ain bagi kita semua. Baik untuk saya sendiri sebagai bagian dari MPR, dan tentu bapak dan ibu sekalian sebagai bagian dari warga negara yang baik” ujar HCM

Haji Charles juga mengungkapkan pentingnya komitmen yang sungguh-sungguh dari semua anggota MPR RI untuk tetap bekerja keras dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Empat Pilar Kebangsaan. “Saya dan rekan-rekan lain yang ada di dalam bagian MPR RI tentu mempunyai tugas berat sekaligus mulia untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penghayatan terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam Empat pilar kebangsaan. Serta terus mendorong masyarakat untuk menerapkannya dalam kehidupan sehar-hari” pungkasnya.

Lebih lanjut, HCM berpesan kepada peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut untuk membantu pemerintah dalam menyebarluaskan pemahaman tentang nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan. (HN/2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *