Inilah Makna dari Filosofi Logo HUT ke-77 RI Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

Harianmedia.com (Rabu,17/08/2022) – Indonesia telah sampai pada perayaan 77 tahun kemerdekaannya pada 17 Agustus 2022 besok. Sudah banyak perubahan dan perkembangan yang dicapai Indonesia sehingga semakin dikenal di kancah mancanegara. Begitu pula di tengah terpaan pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi, Indonesia mampu bertahan dan kuat. Pencapaian ini ditunjukkan melalui Logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI yang berwarna khas merah dan putih dengan garis yang tegas dan variasi grafik.

Lantas, apa arti logo itu sebenarnya? Dikutip dari situs LLDikti8, berikut ini adalah arti dari logo terbaru HUT ke-77 RI.

1. Dua Panah ke Atas
Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Dua Anak Tangga
Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan perkembangan dan pembangunan di semua sektor di Indonesia.

3. Bagian Atas Terpotong
Melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dan berperan di tingkat global untuk bergerak secara aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis Miring dan Sudut Runcing
Terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat perjuangan untuk bangkit lebih kuat dan lebih tangguh.

5. Dua Garis Melengkung
Dua garis tersebut melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong-royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju Indonesia Maju.

6. Sudut Penghubung
Sudut tersebut melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Siluet Angka 1
Melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Dengan semboyan ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’ membuat perayaan HUT ke-77 RI kali ini semakin istimewa karena saat ini masih dalam balutan kekhawatiran pandemi Covid-19 dan dampak perang Ukraina dengan Rusia, juga imbas kendala perekonomian dan kekhawatiran atas sikap China terhadap Taiwan. Tantangan dan ujian yang dihadapi bangsa Indonesia untuk kali ini memang sangat berat, selain harus berjuang melawan pandemi Covid-19 yang hampir 3 tahun menghantui, juga untuk bertahan memulihkan perekonomian. Diharapkan dengan slogan ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’ , masyarakat Indonesia bisa bertahan dan semakin kuat menghadapi cobaan. Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini memberikan pencerminan bagaimana Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *