Survei PRC-PP, Rio Prayogo : Pendapat Key Opinion Leader Tidak Jauh Berbeda dengan Opini Publik

Jakarta, Cikini – Politika Research & Consulting (PRC) bersama Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survey yang dilakukan pada tataran tokoh masyarakat yang dalam hal ini disebut Key Opinion Leader (KOL). Survei yang melibatkan 207 responden di seluruh Indonesia ini mensimulasikan 11 nama tokoh potensial 2024 untuk diberikan penilaian terkait aspek-aspek kriteria Capres 2024. Hasilnya, Ganjar Pranowo unggul dalam penilaian ini.
Survei yang dilakukan dengan gaya berbeda ini dikatakan oleh Rio Prayogo selaku direktur eksekutif PRC sebagai langkah melihat opini kalangan tertentu yang dapat menilai dan membaca Pilpres 2024. “Survei Key Opinion Leader ini dilakukan untuk mengcapture opini kalangan tertentu yang dianggap tokoh oleh masyarakat, kemudian melihat hasilnya apakah sama dengan yang selama ini berada di opini publik” ujar Rio Prayogo.
Hasil dari survei KOL ini kemudian menunjukkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan menjadi dua nama teratas dalam penilaian dari 11 aspek kriteria. Ganjar Pranowo di posisi teratas dengan rekapitulasi skor 7,51%, posisi kedua diikuti oleh Anies Baswedan dengan rekapitulasi skor 7,32%, dan Sandiaga Uno diurutan ketiga dengan skor 7,20%. Sedangkan Puan Maharani dalam survei ini berada di posisi terbawah dengan nilai 5,80%
Rio Prayogo melihat tidak ada perbedaan yang sangat kontras antara opini publik dan KOL, keduanya tetap memunculkan nama Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai nama-nama teratas. “Menjadinya Ganjar sebagai urutan teratas yang kemudian disusul oleh Anies Baswedan diposisi kedua membuat sebuah pandangan bahwa opini yang selama ini ada dipublik tidak jauh berbeda dengan apa yang ada dalam opini tokoh-tokoh masyarakat”
Adapun 11 aspek kriteria yang menjadi penilaian adalah visioner, intelektualitas, kepemimpinan politik, keterampilan politik, keterampilan komunikasi politik, stabilitas emosi, gaya kepemimpinan, religiusitas dan nasionalisme, integritas, dan kapabilitas

Leave a Reply

Your email address will not be published.