Masyarakat Jember Manfaatkan Grebeg Iftar Gratis Untuk Berbuka Puasa

JEMBER– Sore hari menjelang waktu berbuka terlihat hal yang tidak biasa di ruas jalan Kalimantan no. 24. Biasanya masyarakat antri untuk membeli minuman atau menu berbuka di penjual menu berbuka sepanjang jalan. Namun berbeda dengan lainnya, kali ini masyarakat antri untuk mendapatkan menu berbuka (Iftar) gratis yang disediakan oleh Aksi Cepat Tanggap Jember dan Masyarakat Relawan Indonesia Jember. Kegiatan ini dilakukan di dekan masjid Sunan Kalijaga jalan Kalimantan. Kegiatan grebeg iftar gratis ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh ACT Jember dan MRI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selama bulan Ramadhan 1443 H.

Dani Ardissa selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan,” Grebeg Iftar Gratis ini merupakan salah satu program Ramadhan ACT, dalam kegiatan ini kita menghadirkan menu berbuka puasa gratis kepada masyarakat Jember. Khususnya masyarakat pra sejahtera”, Ujarnya saat ditemui disela kegiatan. Dani menambahkan bahwa kegiatan ini akan dilakukan tiap tahunnya dengan mengajak lebih banyak lagi masjid – masjid dan juga organisasi masyarakat lainnya.

Hadirnya kegiatan grebek iftar gratis ini menjadi ajang mengajak masyarakat untuk peduli kepada saudara – saudara yang kesulitan. Sugiarto salah satu pengungjung menyampaikan,” Alhamdulillah ada kegiatan ini mas, saya dapat nasi untuk berbuka secara Cuma – Cuma”, Ujarnya. Pak sugiarto sehari – hari bekerja sebagai tukang yang sering lewat di depan masjid Sunan Kalijaga. Masyarakat yang memanfaatkan kegiatan ini pun juga beragam, mulai dari pemulung, tukang becak, ojek online, jama’ah masjid hingga mahasiswa. Masyarakat begitu antusias dengan adanya kegiatan tersebut.

Sebanyak 400 porsi makanan telah disiapkan oleh tim ACT – MRI dalam kegiatan ini. Menu yang dihadirkan juga bervariasi, berbagai sayur dan lauk – pauk. Masyarakat bisa mengambil sayur dan lauk secukupnya. Dalam kegiatan ini ACT – MRI juga didukung oleh Urun Berkah dan Pendopo 99 Resto & Café. Selain itu juga turut hadir influncer dan mediagram. Fatimah Sandra Dewi selaku pegiat social menyampaikan,” kegiatan ini sangat bagus dan menarik karena masyarakat bisa datang lansgung dan mengambil sendiri makanannya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.